Benarkah Mizan Akan Launching Platform & Marketplace Self-Publishing Baru ?

Mizanstore.com platform self publishing penerbit MizanAda 2 alasan mengapa Anda, penulis, menaruh harapan besar  agar Group Mizan lebih serius mengelola lini self-publishing-nya :

Pertama, Group Mizan hampir pasti memiliki sumber daya lebih besar ketimbang pemain self-publishing terpopuler saat ini (nulisbuku.com).

Kedua, meski berlatar belakang penerbit mayor, namun lini self-publishing Mizan saat ini memilih untuk beradaptasi dengan aturan lazim pembagian royalti di dunia self-publishing (bagi laba 40 : 60).

(Bandingkan dengan Gramediana, platform self-publishing milik Group Kompas Gramedia yang menerapkan sistem pembagian royalti a la penerbit mainstream -10 % dari harga jual).

Masalahnya, fitur PoD yang tersedia di situs Mizan sekarang justru seolah menunjukkan ketidakseriusan mereka menggarap lini self-publishing.

Selain menumpang pada domain induk Mizan.com, platform self-publishing mereka saat ini hanya menjadi sub-page pada menu navigasi situs mereka (terus terang, …..itu hampir tidak terlihat).

Mizanstore penerbit self publishing

..Tapi dalam sebuah wawancara dengan Indonovel, ternyata pihak Mizan terbuka menerima kritikan itu….

..Dan sebagai bentuk keseriusan, Mizan mengungkapkan kepada Indonovel bahwa saat ini mereka tengah bersiap me-launching platform & marketplace self-publishing mereka dalam format baru…..

Lebih jelasnya, ikuti wawancara Indonovel dengan Fuzie Septika, Publishing Manager Mizan Digital Publishing, berikut ini :

Kapan tepatnya Mizan membuka layanan self-publishing Print on Demand ?

Selfpublishing di mizan dimulai ketika pada medio September 2010, ini baru tahap awal pembentukan selfpublishing.

Pada bulan November 2010 kami (Mizan Digital Publishing) bekerja sama dengan nulisBuku.com dalam project 99 Writers in 9 Days Sebuah project yang menerbitkan 99 buku dari penulis pemula dan profesional dalam waktu 9 hari. 99 buku tersebut dilaunching pada ajang Indonesian Book Fair 2010.

Seharusnya setelah pameran Indonesia Book Fair 2010 itu kami bisa meluncurkan fitur self-publising di mizan.com. Baru terealisasi selfpublishing dan POD di mizan.com sekitar Februari 2012.

Berapa total buku PoD yang telah diterbitkan …Dan rata-rata (eksemplar) buku self-publishing yang terjual per-bulan di marketplace Mizan ?

Total sekarang yang telah diterbitkan ada 100 judul buku, yang masuk ke redaksi kami ada sekitar 150 naskah, namun dari keseluruhan naskah itu tidak semuanya bisa publish, karena ada beberapa faktor yang tidak sesuai dengan kebijakan kami (SARA, mengandung unsur pornografi, menyalahi norma-norma agama dan aturan di masyarakat)

Rata-rata 15 Eksemplar perbulan (catatan tahun 2012 dengan berbagai judul)

Mengapa layanan self-publishing Mizan masih ditempatkan pada website induk Mizan.com ?

Iya, saat ini selfpublishing di mizan masih sebatas fitur di mizan.com belum menjadi sub domain atau mempunyai domain sendiri.  Adanya fitur terpisah (tersendiri) ini untuk memudahkan juga penulis dan pembeli buku-buku selfpublishing.

Tidak terlihat, itu mungkin karena semua (koorporat, penjualan online dan portal) masih dalam satu domain mizan.com, untuk itu kami sudah dan akan memisahkan itu semua dengan masing-masing mempunyai domain sendiri.

Untuk portal, itu sudah ada mizanmag.com…

Untuk penjualan online sedang develop dengan nama domain mizanstore.com. Untuk self-publishing akan berada di mizanstore.com

Secara pribadi saya mengapresiasi Mizan yang memilih untuk mengikuti aturan standar di pasar self-publishing, seperti soal pembagaian royalti 60 % : 40 %.

Terima kasih atas apresiasinya mas 🙂

Memang kami memilih aturan seperti itu (40 % : 60 %) mengikuti acuan standar self-publishing pada umumya.

…..Tapi mengapa marketplace di homepage Mizan.com saat ini hanya menampilkan buku-buku terbitan Group Mizan sendiri ?

Mizan.com yang saat ini sebagai website Mizan keseluruhan itu membuat kami lebih mengutamakan skala prioritas terlebih dahulu.

Bukan berarti kami meng-anak tirikan buku-buku self-publishing tapi itu dikarenakan space di mizan.com juga sangat terbatas. Maka untuk itulah kami membuatkan halaman khusus tersendiri.

Selain itu sebagai pertimbangan kami, dengan ada fitur khusus self-publishing itu akan memudahkan penulis dan pembeli buku-buku self-publishing mengaksesnya.

Mengapa Mizan tidak menawarkan program afiliasi ?

Program afiliasi ini sedang kami kembangkan,  dengan adanya website terpisah, itu bisa memudahkan kami dalam proses afiliasi ini.

Mengapa Mizan saat ini adalah tidak menyediakan sample page untuk diunduh calon pembeli (Konsumen online enggan membeli buku dalam plastik).

Pembuatan preview dalam selfpublishing memang sedang dalam proses, rencananya ketika mizanstore.com launching, kami akan memperkenalkan fitur tersebut.

Saya melihat marketplace Mizan menyediakan ebook gratis dalam format PDF & ePub . Mengapa layanan self-publishing Mizan tidak sekalian menawarkan layanan penerbitan dalam format ebook ?

Ini sudah menjadi agenda kami, dan di website baru (terpisah) hal ini akan kami kembangkan.

Kedepannya, apakah Mizan berniat menyediakan ftur Do It Yourself  berupa template generator untuk merancang sendiri sampul & interior buku?

Untuk merancang sampul itu memang sekarang jadi perhatian kami, mengenai template generator ini hal yang menarik, sudah beberapa website menyediakan seperti ini.

Kedepannya hal ini bisa saja terealisasi di website kami yang terpisah (mizanstore.com).

Mengenai service (editing, layouting, formatting dan design cover) beberapa bulan yang lalu kami menyediakan itu secara gratis.

Khusus untuk layouting dan formatting sampai saat ini kami melakukan itu secara gratis. Kedepannya ada mungkin kriteria khusus dalam beberapa service tersebut (ada layanan khusus berbiaya).

Terima kasih atas waktunya, Mas Fuzie.

Apakah Anda  punya naskah yang siap terbit ?

Baik. Ini mungkin terdengar subjektif….

Tapi saya menyarankan Anda tunggu, dan melihat dulu apa saja fitur yang akan tersedia kelak di mizanstore.

Disclaimer : Indonovel Media tidak punya hubungan dalam bentuk apapun dengan Mizan, termasuk yang dapat mempengaruhi pembuatan artikel wawancara ini.

Seperti saya katakan diawal posting, sebagai penerbit mayor, Group Mizan punya keunggulan sumber daya….Dan disaat bersamaan, mereka mau mengikuti aturan standar dalam self-publishing yang lebih menguntungkan para penulis (self-publisher).

Jadi saya kira platform self-publishing mizanstore sangat layak untuk Anda nantikan…

Satu hal lagi yang sangat menarik untuk dinantikan (seperti terungkap dalam wawancara diatas)…

Mizanstore membuka kemungkinan menyediakan generator template dalam format DIY…  seperti yang mungkin pernah Anda lihat di Createspace Amazon.com atau Lulu.com.

Bayangkan jika Anda (tanpa keahlian desainer) bisa merancang sendiri sampul & interior buku Anda dengan mudah, dalam satu tempat…dan itu gratis.

Semoga 🙂

PS  Agar Anda tidak ketinggalan informasi launching Mizanstore.com, pastikan Anda mengikuti update-nya via akun twitter Mizan.

PPS Saya harap Anda juga mau meneruskan informasi bermanfaat  ini kepada seluruh teman Anda via facebook & Twitter…

Langganan Indonovel (Gratis)

Pastikan Anda membaca setiap posting Indonovel berikutnya. Segera berlangganan (gratis) via email sekarang :

.
About Daeng Anto

Founder indonovel.com™. Penggemar Sting, Levi's, nonton tinju, molen bandung, warna abu-abu & angka 7. Kini dia betah bermukim di Makassar...oleh sebab -katanya- sunset di Makassar juara satu sedunia