Rekomendasi : 5 Blog Yang Perlu Dibaca Penulis Fiksi

7 blog terbaik untuk belajar menulis fiksi

Siapa saja 5 blog penulis terbaik di Indonesia?

Cara terbaik belajar menulis fiksi adalah membaca tulisan orang lain.

Pertanyaannya, tulisan siapa ?

Sementara, blog pada topik penulisan fiksi yang berkualitas dalam bahasa Indonesia lumayan sulit ditemukan.

Saya mengatakan berkualitas, karena ada banyak blog pada topik ini diluar sana. -Tapi kualitas adalah soal lain, bukan ?

Jika Anda merasakan kesulitan ini, saya punya beberapa rekomendasi buat Anda.

Tepatnya saya merekomendasikan 5 blog, yang dalam ukuran saya, isinya masuk dalam kategori berkualitas.

(Kemungkinan Anda punya ukuran berbeda, dan juga rekomendasi berbeda. Karena itu, jangan ragu mengungkapkannya pada kolom komentar dibawah).

5 Blog Penulis Indonesia Berkualitas Pilihan Indonovel 

Berikut ke-5 blog tersebut :

1. Kuala Kuali

Blog milik Nirwan Dewanto. Penerima Khatulistiwa Literary Award (KLA)  tahun 2008 untuk kumpulan puisinya ‘ Jantung Lebah Ratu’.

Isinya tidak melulu membahas seni bahasa (khususnya telaah puisi). Mungkin, aktifitas pemiliknya –yang juga- kurator seni rupa turut mempengaruhi luas cakupan topik blog ini.

“ Di majalah dinding ini saya tampilkan aneka tulisan saya: petikan catatan, ulasan pendek, aforisme, cerita, dan beberitaan; juga jawaban terhadap sejumlah soal yang, secara langsung atau tak, dialamatkan ke saya. Sebagian bersifat “kurang resmi,” sebagian lain mungkin “eksperimental.” Kadang-kadang saya sertakan pula di sini tulisan yang hanya termuat di media dengan sirkulasi terbatas (misalnya katalog pameran atau selebaran) –Nirwan Dewanto- “

Penguasaan Nirwan Dewanto atas topik yang ditulisnya (seni bahasa), membuat isi blog ini menarik dikunjungi. Kontennya selalu unik, orisinil dan ‘baru’.

Kualitas itu juga didukung oleh kepiawaian menulis yang bersangkutan. Tapi sayang, pemilik blog ini kurang ‘disiplin’ perkara jadwal posting…

2. Lontar Nalar

Ini blog pribadi Nirwan Ahmad Arsuka, redaktur tamu Bentara Kompas.

Isi blognya terentang luas mulai dari budaya, seni rupa, sains, fotografi, dan banyak macam. Tapi artikel yang mengulas seni bahasa masih lumayan banyak.

Tulisan Nirwan Ahmad Arsuka – idem Nirwan Dewanto-  menarik karena ditopang oleh keterampilan menulis kreatif dan kekayaan kosa kata yang bersangkutan.

Pengetahuan luas penulisnya dibanyak bidang juga berkontribusi signifikan pada isi setiap tulisannya.

Bacaan favorit saya di blog ini adalah artikel resensi karya fiksi.

Dalam urusan meresensi buku di negeri ini, Nirwan Ahmad Arsuka memang punya ‘gaya’ tersendiri. Selain tekun, dan cermat, logikanya pun terstruktur.

Sayangnya, blog ini tidak terawat. Tulisan terakhir yang pajang di halaman beranda masih tertanggal 21 september 2009.

3. Eka Kurniawan

Blog Eka Kurniawan paling mendekati kategori ideal dalam kelompok blog bertopik penulisan fiksi.

Rekam jejak pemiliknya di ranah menulis fiksi tanah air menjamin isinya.

Secara umum blog ini menerbitkan artikel seputar dunia menulis fiksi. Mulai dari artikel, catatan kecil, resensi, quote, informasi, sampai beberapa cerpen karya si pemilik blog.

Jadwal penerbitan artilkel relatif terjadwal. Terbit dalam rentang waktu singkat…dan didukung oleh tampilan blog yang professional. Hal terakhir mestilah dipengaruhi oleh latar belakang pemiliknya yang pernah mengenyam pendidikan formal desain grafis.

Selain loading yang berat, kekurangan blog ini -tepatnya keinginan pembaca-, yaitu kurang banyaknya artikel tutorial tips menulis praktis. Tentu ini bukan soal keengganan Eka Kurniawan berbagi pengetahuan.

Pada postingan pertanggal 16-03-2011, Eka Kurniawan mengabarkan rencananya membuka kelas online menulis cerpen pada tanggal 14 April 2011 mendatang. Tertarik ?

4.  Fiksi Lotus

Blog ini dikelola oleh Maggie Tiojakin (profil lengkap bisa anda baca pada artikel wawancara penulis).

Blog ini konsisten menerbitkan terjemahan cerita pendek karya penulis fiksi kelas dunia. Boleh dikata blog ini satu-satunya pada ceruk tersebut.

Kualitas terjemahannya lumayan terjaga, mengingat Maggie Tiojakin sendiri adalah penerjemah berpengalaman buku-buku fiksi.

Kehadiran Fiksi Lotus ibarat oase bagi penggemar karya penulis dunia.

Penerbitan online karya-karya itu menjawab kebutuhan pembaca akan bacaan fiksi pendek dari penulis mancanegara yang jarang bisa ditemui di toko buku (dan berita bagusnya…GRATIS).

Maggie Tiojakin juga patut diapresiasi, sebab penerjemahan karya-karya tersebut atas seizin pemegang hak cipta.

Maggie Tiojakin bahkan sempat mewawancarai lansung beberapa penulisnya. Hasil wawancara ini pun bisa dibaca di blog Fiksi Lotus.

5. Raya Kultura

Blog Raya Kultura memakai Arras WordPress theme. Maka tampilan berandanya terlihat ramai oleh beragam judul artikel.

Raya Kultura termasuk blog senior pada topik penulisan fiksi. Situs yang dimotori oleh Naning Pranoto ini secara berkala menggelar Lomba Menulis Cerpen Remaja (LMCR).

Isinya dominan memuat artikel opini, ulasan, essai, informasi, wawancara  &  berita seputar dunia penulisan kreatif. Termasuk menayangkan cerpen-cerpen peserta lomba LMCR.

Bagaimana menurut Anda ?

Apakah Anda punya rekomendasi blog lain untuk dikunjungi ? Saya ingin mendengar usulan Anda pada kolom komentar dibawah..

Setiap tulisan selalu membuktikan mutunya sendiri sebelum dia membuktikan kelemahan tulisan lain @Nirwan Dewanto –> Click to tweet

…dan jangan lupa berbagi daftar 5 blog bagus ini pada teman Anda via facebook & twitter…

Photo credit [creative commons]

Langganan Indonovel (Gratis)

Pastikan Anda membaca setiap posting Indonovel berikutnya. Segera berlangganan (gratis) via email sekarang :

.
About Daeng Anto

Founder indonovel.com™. Penggemar Sting, Levi's, nonton tinju, molen bandung, warna abu-abu & angka 7. Kini dia betah bermukim di Makassar...oleh sebab -katanya- sunset di Makassar juara satu sedunia