Apakah Anda Seorang Writepreneur ?

Saya pikir orang yang menerima sebuah pekerjaan agar dapat hidup – katakanlah, untuk mendapatkan uang – telah mengubah dirinya menjadi seorang hamba (Joseph Campbell)

contoh figur writepreneur Indonesia

“..bebas mengatur waktu…”

Mungkin anda seorang penulis komersil. Seorang yang menjual tulisan baik secara independen maupun melalui perantaraan pihak ketiga untuk memperoleh penghasilan.

Tapi anda tidak otomatis menjadi seorang writepreneur hanya karena anda dibayar untuk setiap tulisan anda. Bahkan seorang penulis penuh waktu yang menggantungkan hidup semata-mata dari profesi menulis pun belum tentu seorang writepreneur.

Jadi kalau begitu siapa sebenarnya sosok yang disebut writepreneur ?

Writer + Entrepreneur

Writepreneur segera dapat diidentifikasi sebagai gabungan dari kata writer & entrepreneur.

Istilah writepreneur merujuk kepada seorang penulis yang menerapkan segala prinsip-prinsip kewirausahaan dalam usahanya memasarkan produk dan jasa menulis guna menperoleh penghasilan.

Kemampuan menulis merupakan syarat utama hingga seseorang dapat disebut writepreneur. Anda boleh saja pemilik sebuah penerbitan atau percetakan. Tapi anda bukan writepreneur bila latar belakang anda bukan seorang penulis.

Menulis Adalah Bisnis

Kemandirian merupakan syarat wajib seorang writepreneur. Jurnalis atau editor yang bekerja dan digaji oleh sebuah perusahaan tidak termasuk ke dalam ketegori writepreneur..

Seorang writepreneur mestilah orang yang membangun dan mengelola bisnisnya sediri dengan menerapkan segala prinsip prinsip kewirausahaan.

Makanya seorang writepreneur dituntut memiliki insting bisnis, inovatif, bisa membaca peluang, paham strategi pemasaran, dapat bekerjasama dengan pihak lain, serta bisa mengelola keuangan usahanya. Seluruh kemampuan diatas yang kemudian membedakan antara seorang writepreneur dengan seorang penulis biasa.

Tak heran bila akhirnya istilah writepreneur bukan hanya merujuk kepada penulis buku.

Seorang writepreneur juga bisa merujuk kepada seseorang yang mengelola website. agen naskah, jasa editing, pelatihan menulis, lembaga copywriting, agen skenario, blogger, atau gabungan dari semuanya.

Sosok Writepreneur Indonesia

Adakah sosok writepreneur di Indonesia ?

Ada.

Saya pernah mewawancarai 3 orang penulis yang saya anggap layak disebut writepreneur..

Yang pertama adalah Laura Khalida. Pada awalnya dia dikenal sebagai editor freelance dan novelis. Saat ini Laura telah bermetamorfosa menjadi writepreneur melalui K creative studio. Lembaga yang didirikannya ini menawarkan jasa editing, pelatihan menulis dan jasa ghost writer.

Hal yang sama juga ditekuni Merry Magdalena. Mantan jurnalis harian Sinar Harapan ini mendirikan Merry & associates. Selain menawarkan jasa yang sama seperti Laura Khalida, Merry juga menawarkan jasa menghubungkan penulis dengan penerbit (agen naskah), copywriting serta menulis konten website.

Sosok ketiga yaitu Aulia Halimatussadiah. Founder dari situs nulisbuku.com yang menawarkan jasa penerbitan sistem print on demand yang pertama di Indonesia.

Tampak jelas bahwa ketiga contoh diatas bekerja secara tim (punya lembaga bisnis). Mereka inovatif dan juga aktif mempromosikan jasanya. Terlihat pula bahwa produk-jasa yang mereka tawarkan cukup bervariasi.

Jadi writepreneur tidak melulu penulis yang merangkap sebagai penjual bukunya sendiri, bukan ?

Writepreneur

Seorang writepreneur adalah penulis yang menerapkan segala prinsip-prinsip kewirausahaan dalam memasarkan produk dan jasa menulis untuk memperoleh penghasilan.

Perbedaan writepreneur dengan entrepreneur dibidang lain hanya terletak pada jenis produk – jasa yang ditawarkan.

Jadi, apakah anda sudah tergolong writepreneur ?

Saya ingin mendengarkan pendapat anda pada kolom komentar dibawah.

photo credits : Xayi Dexian Stock (creative commons)

Langganan Indonovel (Gratis)

Pastikan Anda membaca setiap posting Indonovel berikutnya. Segera berlangganan (gratis) via email sekarang :

.
About Daeng Anto

Founder indonovel.com™. Penggemar Sting, Levi's, nonton tinju, molen bandung, warna abu-abu & angka 7. Kini dia betah bermukim di Makassar...oleh sebab -katanya- sunset di Makassar juara satu sedunia