(Gratis) 3 eBook Terbaik Cara Menulis Fiksi & Menerbitkan Buku

Blogosphere menyediakan banyak ebook gratis. Namun gratis dan berkualitas ternyata dua soal berbeda.

Saya telah mengunduh puluhan eBook gratis dalam satu tahun terakhir. Khususnya ebook mengenai cara menulis. Dari puluhan ebook itu akhirnya tersisa 3 yang menurut saya berkualitas.

Ketiganya ditulis oleh figur yang punya otoritas di dunia tulis-menulis. Sebagian besar isi ebook bersumber dari pengalaman penulisnya.

Ketiganya merupakan panduan praktis. Karena menulis itu kerajinan, maka panduan menulis memang sebaiknya bersifat teknis.

Jarang-jarang loh kita menemukan barang gratis sekaligus berkualitas di internet. Jadi semoga informasi ini bisa membuat anda bahagia :)

Nah ini dia, 3 ebook gratis dan berkualitas untuk anda yang ingin belajar cara menulis fiksi dan menerbitkan buku :

1. Author 2.0 ; Blueprint for Writing, Publishing & Marketing Your Book

ebook gratis cara menulis fiksi dan menerbitkan bukuJoanna Penn merancang isi ebook ini berdasarkan pengalamannya sebagai self publisher. Joanna  adalah penulis novel thriller. Salah satu thrillernya yang berjudul Pentecost pernah masuk daftar terlaris Amazon.

Joanna mulai belajar menulis dan menerbitkan buku dari nol. Dia menghabiskan banyak waktu serta biaya di awal karirnya, hanya untuk menemukan kenyataan buku (non fiksi) pertamanya gagal di pasaran.

Joanna belajar dari kegagalan. Tak lama kemudian, dia akhirnya meraih sukses dalam penjualan buku berikutnya.

 “ Saya ingin pembaca terhindar dari kerugian yang telah saya alami dengan membaca eBook ini” – Joanna.

Kesuksesan penulis menunggangi internet merupakan tema dasar ebook ini. Dalam istilah Joanna, penulis semacam itu disebut “ author 2.0.”

Di awal ebook, Joanna menggambarkan bentuk perubahan yang terjadi pada industri penerbitan akibat kehadiran internet.

Kemudian Joanna secara sistematis memandu kita cara memilih format penerbitan, sampai trik mempromosikan buku menggunakan sumber daya gratis yang banyak tersedia di internet.

Ebook 52 halaman ini memberikan wawasan baru mengenai konsep penerbitan di era online.

Silahkan mengunduh ebooknya Disini.

2. The Nearly Ultimate Guide to Better Writing

ebook gratis cara menulis fiksi dan menerbitkan bukuEbook ini –antara lain- akan memberi anda panduan mengenai :

Cara mencari ide tulisan; Trik melipatgandakan kecepatan menulis; Membangkitkan motivasi menulis; Merencanakan tahap-tahap penulisan dari awal sampai akhir, dan..; Cara menulis ebook.

Ada 18 tulisan dalam ebook 118 halaman ini. Penulisnya beragam seperti; Ali Lukas, salah seorang editor DailyWritingTips.com; Leo Babauta, blogger top dan penulis buku laris The Power of Less; Larry Brooks, penulis 5 novel thriller yang pernah masuk dalam daftar terlaris USA Today;

Anda bisa mengunduhnya Disini.

3.  Write Good Or Die

“Semua saran menulis adalah salah. Dan saya sampai pada kesimpulan bahwa setiap penulis hanya tahu satu set kebenaran, dan hal itu benar hanya untuk penulis itu sendiri. Meskipun Anda meniru segala sesuatu dari penulis lain, anda tidak mungkin menduplikasi karir menulis mereka.”

Demikian kata Scott Nicholson dalam pengantar editornya.

ebook gratis cara menulis fiksi dan menerbitkan bukurBeberapa saran dalam ebook ini cenderung kontradiktif dan tidak konvensional. Terbagi kedalam 33 tulisan sebanyak 90 halaman. Para penulisnya punya jam terbang tinggi di dunia tulis menulis. Contohnya Scott Nicholson yang telah menulis 12 novel thriller, 60 cerita pendek, empat seri komik, dan enam skenario.

Ebook ini akan mengajarkan anda banyak hal, diantaranya :

Bagaimana cara menulis novel pertama, cara menulis dialog, menentukan point of view, visual & struktur storytelling, serta self promotion.

“If you love this art, this craft, and this business, it’s a lifetime commitment to learning. There’s only one way out: Write Good or Die. Sometimes both.. – Scott Nicholson“

Anda bisa mengunduh ebooknya Disini.

Waktunya  Bertindak

Ada satu kesimpulan saya setelah membaca ketiga ebook diatas :

Tidak ada jaminan satu teknik yang berhasil pada satu penulis akan berhasil pada penulis lain.

Jadi silahkan mengunduh, pelajari, lalu pilih sendiri teknik menulis yang efektif bagi anda.

Selanjutnya;

Beritahu saya pada kolom komentar jika anda punya info mengenai ebook berkualitas lainnya.

Anda juga bisa membagikan info ini kepada teman anda lewat twitter, facebook dan google plus.

Terima kasih bila anda melakukan keduanya :)

Langganan Indonovel (Gratis)

Pastikan Anda membaca setiap posting Indonovel berikutnya. Segera berlangganan (gratis) via email sekarang :

.
About Anto Dachlan

Founder indonovel.com™. Penggemar Sting, Levi's, nonton tinju, molen bandung & angka 7. Kini dia betah bermukim di Makassar...oleh sebab -katanya- sunset di Makassar juara satu sedunia

Comments

  1. terima kasih pak. Semoga bisa menambah ilmu dan semangat untuk menulis

  2. maaf cara mengunduhnya gimana?

    • Rusdianto says:

      Aduuuh, maaf mbak. Setelah saya periksa, ternyata pemilik situs ebook tersebut telah mengubah link halaman download-nya (Link ke halaman tersebut otomatis terhapus).

      Harap tunggu, saya akan mencari ulang link halaman baru ke-3 eBook tsb.

  3. yuhanizjuw says:

    izin download ya gan…. thank’s…

  4. lawliet k-one says:

    thanks ya dah mau share…

  5. akbar kasmiati says:

    Menurut saya ebook milik pengarang AS.Laksana juga sangat bagus. Jika ingin mengunduh ebook tersebut, sila kunjungi as-laksana.blogspot.com.

    • Rusdianto says:

      betul, Bung Akbar.
      saya termasuk pengunjung setia blog AS Laksana.

      oh yah, mengenai copywriting yang anda tanyakan di blog sebelah, nanti akan saya posting secara reguler. terima kasih telah berkunjung.

  6. Buku soal tulis menulis yang saya favoritkan adalah “Writing Tools” karya Roy Peter Clark. Ia bisa dibaca secara online di poynter.org. Dalam buku itu, Roy tidak hanya menyarankan untuk ‘menulislah’ — seperti nasehat pakar menulis di Indonesia — tapi menunjukkan bagaimana cara menulis. Roy memberi contoh tulisan yang baik dan buruk.

    Salah satu saran menarik dari Roy adalah: Putar balikkanlah kata. Awal dan akhir dari kalimat atau paragraf adalah bagian yang paling bertenaga.

    Roy juga menyarankan untuk memakai kalimat pendek dan sederhana. Kalimat pendek itu jelas. Ia mudah dipahami. Ia ringan. Pemahamannya gampang. Dan pembaca menyenanginya. Tapi setiap kita ada kesempatan atau jika kita yakin bahwa pembaca sedang tenang, Roy meminta kita agar sesekali tidak takut untuk menulis dalam kalimat panjang, satu jenis kalimat yang dipenuhi deskripi yang kuat, disertai juntaian klausa dan frasa yang memikat, tanpa harus dibuat-buat.

    Salam.

    • Rusdianto says:

      terima kasih atas komentarnya, Mas David.
      terimakasih atas infonya mengenai writing tools Roy Peter Clark. Poynter situs yang bagus, saya jg langganan RSS Feed Poynter.org.

      apa yang disarankan oleh Roy itu benar. khususnya mengenai kalimat pendek dan sederhana. Saya pernah menulis artikel mengenai tips tersebut : 3 Tips menulis fiksi a la Hemingway.

      walau pada akhirnya, teknik menulis yang terbaik adalah yang bekerja buat si penulis itu sendiri. satu teknik mungkin berhasil pada seorang epnulis namun gagal pada penulis yang lain.

      salam.

Speak Your Mind

*